Laman

Senin, 13 Oktober 2008

Obsesi India

Gw punya seorang teman, sebut saja ‘I S I Y A’ (he,,he,,dia g keberatan klo namanya ditulis), tp untuk mempermudah kita sebut saja ‘I’, dy adalah salah seorang temen gw yg, menurut gw, unik, berbeda, jenius (perlu diingat klo menurut beberapa filsuf dan ahli kejiwaan, jenius itu dekat dengan insanity), dan rada aneh tentunya.


Misalnya, kalo lo2 pada ditanyai Negara mana yang paling pengen lo kunjungin, pasti lo2 pada bakal menyebutkan negara2 yang menurut lo maju/terkenal/keren/memiliki nilai histories/budaya yang tinggi, misalnya, Jepang, Korea, Jerman, Amerika, Venesia, italy, Swiss, Austria, dan negara2 yang sebagian besar berada di Eropa dan Amerika lainnya (ini hasil survey gw terhadap beberapa temen) yang membuat kita terlihat keren klo ditanya pertanyaan kayak gitu.


Tapi, si ‘I’ ini, sungguh sangat berbeda. Dengan sangat mengejutkan, ketika gw bertanya, ‘Negara mana yang paling pengen lo kunjungi?’, dy menjawab: ‘INDIA’. Ya, anda semua tidak salah dengar, dy bener2 menyebut: INDIA! (bukannya India g keren, tapi jawabannya sungguh diluar dugaan aja gitu!).


Secara diplomatis dan cukup membuat miris (karena gw tidak bisa mengerti apa yg dy katakan), dy bilang: aku pengen ke Agra, ngliat Taj Mahal. Trus pengen liat tari katak (bukannya tinggal ke sawah aja y buat ngliat katak menari dan melompat?), dy jg pengen nyobain pake kain sari, pake gungru (apakah itu??), pake’ payal, kajal, cudhiyan, trus pengen makan thandur (thandur bukannya menanam padi y??), dll yang membuat gw ternga-nga. OH My God, anak sekecil itu apal nama2 kota dan segala sesuatu yang berbau2 India, sungguh mengejutkan!!!


Tidak cukup hanya disitu saja, pas gw lagi berlari2an dgn ceria dan nyamperin temen gw yang lain (namanya Rika), dy lg bilang ke si ‘I’ klo ndownloadnya blm selesai, trus gw tergoda untuk bertanya, ‘emang lg ndownload apaan?’, kata Rika: ‘Tau tu si ‘I’, dy lagi ndownload iklan India gitu…’, gw : hah????.


Bahkan tidak hanya itu saja sodara2, di ruang Himapsi, ada computer yang bisa dipake ngenet, dan ketika gw berpikiran untuk menggunakannya, ada si ‘I’, dan ketika gw berusaha untuk mengusirnya, dy bilang dy lg g bisa diganggu, dan taukah karena apa sodara2?, karena dy sedang mendownload Video Clip India, yang judulnya (gw lupa deh!!!). OH MY GOD!!!!!


Dan klo kalian berfikir cukup sampe disitu saja, maka kalian semua salah. Pas gw masih magang (dan gw satu kelompok sama si ‘I’), dy minta tolong buat nyecan virus2 yg beternak di flashdisknya. Pas udah gw scan, gw liat ada folder menarik yang namanya ‘SUNGAI’, gw pikir isinya gambar2 sungai, ternyata isinya lagu yang semua judulnya berbahasa Inggris. Wah, gw sempet salut gitu sama tuh anak, seleranya lagu bhs Inggris bo’, Cuma, judul lagunya tu kayaknya asing semua gitu, jd gw berfikir klo itutu lagu2 jadul or nostalgia. Gw stel salah satu lagu yg judulnya ‘sometimes sad, sometimes happy’ dan kalian tahu sodara2? Ternyata itu adalah lagu India yg judul aslinya ‘kabhi kushi kabhi gham’…..Gw ngakak, kecewa, menggeleng2kan kepala, dan bengong seketika. Hua,,ha,,ha,, karena penasaran dgn lagu yg lain, gw stel semua lagu di folder ‘SUNGAI’ dan ternyata, semuanya lagu India. SUBHANALLAH ni anak!!!


Karena penasaran, gw nanya ke tu anak: Eh I, kenapa c lo terobsesi banget sama India???. Jawabannya sungguh sederhana : ‘karena banyak yg g suka sama India’. Gw : ??????????. Jawaban yg sangat sederhana. Padahal gw mati2an menemukan alasan kenapa gw pengen bgt ke Jerman ato ke Jepang, dan dy, hanya karena ‘banyak yg g suka India’.


Bukannya meremehkan atau menganggap remeh India, Cuma g tau kenapa, gw emang g terlalu suka sama hal2 berbau India gitu. Gak tau deh kenapa…


Hm,,, emang begitulah yg namanya kesukaan, kegandrungan, obsesi, cinta, dan kegilaan terhadap sesuatu. Kita tidak memerlukan alasan yang menggunung, yang bagus, yang keren, yang logis, dan yang disampaikan secara diplomatis. Klo udah suka, udah cinta, udah tergila2, ya udah, gitu aja, g harus ada alasan khusus, yang penting kita menyukai sesuatu dan kita berusaha mengejar apa yang kita sukai itu. Karena kesukaan itu seringkali tidak bisa dideskripsikan, dy ada, tapi kadang tak nyata, bisa dirasakan, tapi tak bisa diungkapkan, bisa…..(nah lho, koq jd ngelantur???)


Dan akhirnya, gw berusaha menerima kenyataan pahit bahwa salah seorang temen gw, begitu terobsesi dan cinta dengan India. Semoga suatu hari nanti, gw/dy menyadari sesuatu. Untuk gw: semoga gw menyadari bahwa India itu g seburuk yg gw pikirkan. Dan untuk dy: semoga dy tidak mendownload video2 or lagu2 India lg di computer HIMAPSI (he,,he,,)


Dan ternyata, do’a pertama yg duluan terkabul: gw baru sadar klo ternyata lagu2 India tu ok ok juga… ha,,ha,,ha,, easy listening gitu lagunya. Bahkan gw sedang berusaha meng-up to date diri gw dengan hal2 berbau India biar klo ngobrol sama si ‘I’ bisa nyambung (he,,he,,). HIDUP INDIA!!!!


Jadi, siapakah yg sekarang terobsesi sama India????


Special Edition (Cuplikan dialog gw n si ‘I’) :

Gw : eh ‘I’, film India apa yang paling lo sukai??

I : Film yang judulnya ‘yaadein’, coba aja lo nonton.

Gw : eh I, lagu India apa yang lo sukain???

I : Banyak, mboh liyane lali.

Gw : Eh ‘I’, actor n actress India siapa yang paling lo sukai??

I : Jackie Shraf, Bebo, Tutu.

Gw : OH MY GOD!!!!GAK ADA SATU HALPUN YG GW TAU!!!

2 komentar:

  1. poespadewi13/10/08 19.59

    pertama tama saya ingin mengucapkan alhamdulillah akhirnya mba kejadian ngepost obsesi india...

    wah selamat ya...big applause de,,,hahaha.
    sebenarnya film india tu ga jelek2 amat ah,,,film favorit mba isiya dah saya tonton...aktor yang namanya bebo juga saya kenal..mba aja yang terlalu menutup diri dengan hal2 seperti itu...semoga dengan berteman dengan mba 'I', mba noi jadi lebih terbuka lagi dengan negara india...
    btw bilangin mba isiya,film india favorit saya judulnya hum dil de chuke sanam,,,hahaha

    BalasHapus
  2. sebenarnya bukan obsesi. cuman kamu belum lihat kegilaanku pada jepang, naruto and spanyol aja.

    BalasHapus