Halaman

Kamis, 16 Oktober 2008

Laskar pelangi

Menindak lanjuti posting-an gw sebelumnya, gw mo menggabungkan antara Laskar Pelangi dan temen gw si 'I' (yg terobsesi sama India itutu...).

Di pagi hari (menjelang siang) yang cukup cerah, sambil nunggu dosen, gw, 'I', dan Mea (klo g salah), lg memperdebatkan siapa yg patut berada di depan komputer dan menjadi 'pilot' dalam menentukan apa yg akan dibuka di komputer. INTINYA, kita2 akhirnya nyetel lagunya NIDJI yang jd OST Laskar Pelangi, judul lagunya juga Laskar Pelangi.

dan akhirnya, ketika lagu itu sampai pada lirik yang bunyinya:

'Menarilah dan terus tertawa.............'

Temen gw itu, si 'I' dengan kencangnya, dan dengan teganya kepada Giring dan nidji nyeplos:

'Hah? Menarilah dan terus tertawa? ORANG GILA DONG!!!!'

GW : 'HUWAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH'


Nb : kepada Giring, Nidji, dan seluruh pihak terkait dengan lagu Laskar Pelangi. maafkanlah kawanku ini. Perlu saya beritahukan juga klo saya dan 'I' pernah magang di RSJ Surakarta. jadi, harap maklum

Senin, 13 Oktober 2008

Obsesi India

Gw punya seorang teman, sebut saja ‘I S I Y A’ (he,,he,,dia g keberatan klo namanya ditulis), tp untuk mempermudah kita sebut saja ‘I’, dy adalah salah seorang temen gw yg, menurut gw, unik, berbeda, jenius (perlu diingat klo menurut beberapa filsuf dan ahli kejiwaan, jenius itu dekat dengan insanity), dan rada aneh tentunya.


Misalnya, kalo lo2 pada ditanyai Negara mana yang paling pengen lo kunjungin, pasti lo2 pada bakal menyebutkan negara2 yang menurut lo maju/terkenal/keren/memiliki nilai histories/budaya yang tinggi, misalnya, Jepang, Korea, Jerman, Amerika, Venesia, italy, Swiss, Austria, dan negara2 yang sebagian besar berada di Eropa dan Amerika lainnya (ini hasil survey gw terhadap beberapa temen) yang membuat kita terlihat keren klo ditanya pertanyaan kayak gitu.


Tapi, si ‘I’ ini, sungguh sangat berbeda. Dengan sangat mengejutkan, ketika gw bertanya, ‘Negara mana yang paling pengen lo kunjungi?’, dy menjawab: ‘INDIA’. Ya, anda semua tidak salah dengar, dy bener2 menyebut: INDIA! (bukannya India g keren, tapi jawabannya sungguh diluar dugaan aja gitu!).


Secara diplomatis dan cukup membuat miris (karena gw tidak bisa mengerti apa yg dy katakan), dy bilang: aku pengen ke Agra, ngliat Taj Mahal. Trus pengen liat tari katak (bukannya tinggal ke sawah aja y buat ngliat katak menari dan melompat?), dy jg pengen nyobain pake kain sari, pake gungru (apakah itu??), pake’ payal, kajal, cudhiyan, trus pengen makan thandur (thandur bukannya menanam padi y??), dll yang membuat gw ternga-nga. OH My God, anak sekecil itu apal nama2 kota dan segala sesuatu yang berbau2 India, sungguh mengejutkan!!!


Tidak cukup hanya disitu saja, pas gw lagi berlari2an dgn ceria dan nyamperin temen gw yang lain (namanya Rika), dy lg bilang ke si ‘I’ klo ndownloadnya blm selesai, trus gw tergoda untuk bertanya, ‘emang lg ndownload apaan?’, kata Rika: ‘Tau tu si ‘I’, dy lagi ndownload iklan India gitu…’, gw : hah????.


Bahkan tidak hanya itu saja sodara2, di ruang Himapsi, ada computer yang bisa dipake ngenet, dan ketika gw berpikiran untuk menggunakannya, ada si ‘I’, dan ketika gw berusaha untuk mengusirnya, dy bilang dy lg g bisa diganggu, dan taukah karena apa sodara2?, karena dy sedang mendownload Video Clip India, yang judulnya (gw lupa deh!!!). OH MY GOD!!!!!


Dan klo kalian berfikir cukup sampe disitu saja, maka kalian semua salah. Pas gw masih magang (dan gw satu kelompok sama si ‘I’), dy minta tolong buat nyecan virus2 yg beternak di flashdisknya. Pas udah gw scan, gw liat ada folder menarik yang namanya ‘SUNGAI’, gw pikir isinya gambar2 sungai, ternyata isinya lagu yang semua judulnya berbahasa Inggris. Wah, gw sempet salut gitu sama tuh anak, seleranya lagu bhs Inggris bo’, Cuma, judul lagunya tu kayaknya asing semua gitu, jd gw berfikir klo itutu lagu2 jadul or nostalgia. Gw stel salah satu lagu yg judulnya ‘sometimes sad, sometimes happy’ dan kalian tahu sodara2? Ternyata itu adalah lagu India yg judul aslinya ‘kabhi kushi kabhi gham’…..Gw ngakak, kecewa, menggeleng2kan kepala, dan bengong seketika. Hua,,ha,,ha,, karena penasaran dgn lagu yg lain, gw stel semua lagu di folder ‘SUNGAI’ dan ternyata, semuanya lagu India. SUBHANALLAH ni anak!!!


Karena penasaran, gw nanya ke tu anak: Eh I, kenapa c lo terobsesi banget sama India???. Jawabannya sungguh sederhana : ‘karena banyak yg g suka sama India’. Gw : ??????????. Jawaban yg sangat sederhana. Padahal gw mati2an menemukan alasan kenapa gw pengen bgt ke Jerman ato ke Jepang, dan dy, hanya karena ‘banyak yg g suka India’.


Bukannya meremehkan atau menganggap remeh India, Cuma g tau kenapa, gw emang g terlalu suka sama hal2 berbau India gitu. Gak tau deh kenapa…


Hm,,, emang begitulah yg namanya kesukaan, kegandrungan, obsesi, cinta, dan kegilaan terhadap sesuatu. Kita tidak memerlukan alasan yang menggunung, yang bagus, yang keren, yang logis, dan yang disampaikan secara diplomatis. Klo udah suka, udah cinta, udah tergila2, ya udah, gitu aja, g harus ada alasan khusus, yang penting kita menyukai sesuatu dan kita berusaha mengejar apa yang kita sukai itu. Karena kesukaan itu seringkali tidak bisa dideskripsikan, dy ada, tapi kadang tak nyata, bisa dirasakan, tapi tak bisa diungkapkan, bisa…..(nah lho, koq jd ngelantur???)


Dan akhirnya, gw berusaha menerima kenyataan pahit bahwa salah seorang temen gw, begitu terobsesi dan cinta dengan India. Semoga suatu hari nanti, gw/dy menyadari sesuatu. Untuk gw: semoga gw menyadari bahwa India itu g seburuk yg gw pikirkan. Dan untuk dy: semoga dy tidak mendownload video2 or lagu2 India lg di computer HIMAPSI (he,,he,,)


Dan ternyata, do’a pertama yg duluan terkabul: gw baru sadar klo ternyata lagu2 India tu ok ok juga… ha,,ha,,ha,, easy listening gitu lagunya. Bahkan gw sedang berusaha meng-up to date diri gw dengan hal2 berbau India biar klo ngobrol sama si ‘I’ bisa nyambung (he,,he,,). HIDUP INDIA!!!!


Jadi, siapakah yg sekarang terobsesi sama India????


Special Edition (Cuplikan dialog gw n si ‘I’) :

Gw : eh ‘I’, film India apa yang paling lo sukai??

I : Film yang judulnya ‘yaadein’, coba aja lo nonton.

Gw : eh I, lagu India apa yang lo sukain???

I : Banyak, mboh liyane lali.

Gw : Eh ‘I’, actor n actress India siapa yang paling lo sukai??

I : Jackie Shraf, Bebo, Tutu.

Gw : OH MY GOD!!!!GAK ADA SATU HALPUN YG GW TAU!!!

Selasa, 07 Oktober 2008

Demam Laskar Pelangi (termasuk gw juga kena,,,)

Hu,,hu,,
sebenernya gw pengen masukin sebuh cerita yg judulnya 'OBSESI INDIA', tp gw lupa nyimpen tu cerita di flashdisk, jd tu cerita masih setia nongkrong di hardisk notebook gw..... jadi, gw ganti aja y,,,,berhubung banyak yg suka laskar pelangi, jadi kepikiran buat nulis sesuatu tentang laskar pelangi nih....

wahai kawan2ku, sudahkah kalian melihat laskar pelangi? sekedar informasi aja, GW UDAH (dengan bangga). Dimana2 lagi demam laskar pelangi ni kayaknya (dan emang iya.). dimulai dari bukunya dari 1-3 yg emang udah best seller, dilanjutkan dengan pembuatan filmnya yg juga udah ditunggu2, sampe buku keempat dari tetraloginya yg sering bgt ditanyain orang klo k toko buku. tau g c?? temen gw udah 3 kali ngantri di bioskop tp tetep gak kebagian tiketnya juga!!!

lalu, apakah yg membuatnya begitu digandrungi??? Klo filmnya c, jelas, karena novelnya juga udah best seller duluan, jd filmnya juga udah ditunggu2. Lagian, orang Indonesia tu kayaknya suka ikut2an gitu deh, jadi yg belom baca bukunya pun, begitu denger ada film itu n kata orang bagus, pasti langsung ditonton.

Klo novelnya kenapa y??? padahal novel pertamanya tuh (menurut gw) deskriptif banget, gw ampe bosen bacanya, jd bacanya gw longkap2. Klo yang kedua (sang pemimpi), OK banget!, ini yg paling gw senengin. Klo yang ketiga, gw udah lupa (yg gw inget cuma akhirnya Ikal ma Arai bisa k Sorbonne, kliling Eropa ampe Afrika, n akhirnya si Ikal bisa nyampe Edensor).

Mungkin, karena novel ini bisa memberi harapan kali y??? Klo ada yg pernah nonton kick Andy, banyak orang yg terpengaruh oleh novel itu n akhirnya bisa menemukan jalan hidupnya, bisa terus berusaha menggapai mimpi, tidak ragu memiliki cita, pokokya memotivasi banget deh!!!

(sebenernya masih banyak yg pengen gw tulis, tp gw keburu males duluan gara2 masih kesel cerita 'obsesi india' gw lupa gw masukin di flasdisk). ya udahlah!!!

BTW, OST. Laskar pelangi yang dinyanyiin sama Sherina bagus deh. Awal2 c, gw ngrasa klo liriknya 'nggak banget', tp lama2 ok juga. Judul lagunya 'Ku bahagia'.

Ku Bahagia -SHERINA- (OST. Laskar Pelangi)

Kita bermain-main
siang-siang hari senin
tertawa satu sama lain
semua bahagia, semua bahagia

kita berangan-angan
merangkai masa depan
dibawah kerindangan dahan
semua bahagia, semua bahagia

matahari............
seakan tersenyum

walau makan susah
walau hidup susah
walau tuk senyum pun susah
rasa syukur ini karena bersamamu
juga susah dilupakan

kita berlari2
bersama mengejar mimpi
tak ada kata tuk berhenti
semua bahagia, semua bahagia

matahari............
seakan tersenyum

walau makan susah
walau hidup susah
walau tuk senyum pun susah
rasa syukur ini karena bersamamu
juga susah dilupakan
oh ku bahagia,,,,,oh ku bahagia,,,,

yah begitulah,,,,,,,,(maksudnya????)

masih bete!!!!!!!!!!!!!

Senin, 06 Oktober 2008

Maapin aye y,,,,

Jikalah DERITA akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti dijalani dengan SEPEDIH RASA, sedang KETEGARAN akan lebih indah dikenang nantinya.

Jikalah KESEDIHAN akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa tidak DINIKMATI saja, sedang RATAP TANGIS tak akan mengubah apa-apa.

Jikalah LUKA DAN KECEWA akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti dibiarkan MERACUNI jiwa, sedang KETABAHAN DAN KESABARAN adalah lebih utama.

Jikalah KEBENCIAN DAN KEMARAHAN akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti DIUMBAR sepuas jiwa, sedang MENAHAN DIRI adalah lebih berpahala.

Jikalah KESALAHAN akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti TENGGELAM di dalamnya, sedang TAUBAT itu lebih utama.

Jikalah HARTA akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti ingin DIKUKUHI sendiri, sedang KEDERMAWANAN justru akan melipatgandakannya.

Jikalah KEPANDAIAN akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti MEMBUSUNG dada dan membuat KERUSAKAN di dunia, sedang dengannya manusia diminta MEMIMPIN dunia agar sejahtera.

Jikalah CINTA akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti ingin MEMILIKI dan selalu BERSAMA, sedang MEMBERI akan lebih banyak menuai arti.

Jikalah BAHAGIA akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti DIRASAKAN sendiri, sedang BERBAGI akan membuatnya lebih bermakna.

Jikalah HIDUP akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti diisi dengan KESIA-SIAAN belaka, sedang begitu banyak KEBAIKAN bisa dicipta.

Mohon Maaf lahir dan batin, semoga ibadah kita di bulan ramadhan mendaptkan ridho dari Allah SWT