Halaman

Jumat, 05 Desember 2008

hitam putih

dosen gw (yg lagi kuliah s2 di UNPAD) bertanya: 'gimana kabarnya?'

gw (dalam hati): hem,,,pertanyaan biasa, sederhana, retoris, formalitas, kalimat pembuka percakapan yang standar dan cenderung basa-basi. kenapa??? karena kenyataannya, orang yang bertanya belum tentu bener-bener pengen tahu kabar kita. 'apa kabar' hanyalah menjadi pertanyaan 'wajib' dalam awal pertemuan, yang tidak benar-benar diniatkan untuk mengetahui kabar, hanya untuk bertanya, sekedar bertanya, memecahkan kebekuan.

Jadi, gw memutuskan untuk menjawab pertanyaan itu dengan jawaban yg juga sederhana: BIASA AJA. so so.

Secara dosen gw itu dosen psikologi. (kayaknya) dia bisa menangkap kegelisahan gw. tapi kayaknya juga enggak sih. dy bilang, terlalu banyak konflik internal dalam diri gw. bener c, tp...

tau ah!!!topik g penting!!

btw, beberapa hari ini gw emang lagi rada pendiem. lagi pengen sendiri. terkadang qt emang perlu sendiri. menikmati kesendirian. hem,,, mboh ah!!!

Selasa, 04 November 2008

disleksia

taukah kalian wahai kawan2ku apa itu disleksia?????

Gw amat sangat2 berminat sekali (halah, kalimat tidak efektif!) untuk membuat skripsi tentang musik dan anak-anak disleksia (halah, gak nyambung!).

Jadi, disleksia (bahasa inggris: dyslexia) adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktifitas membaca dan menulis.

Perkataan disleksia berasal dari bahasa Yunani δυς- dys- ("kesulitan untuk") dan λέξις lexis ("huruf" atau "leksikal").

Pada umumnya keterbatasan ini hanya ditujukan pada kesulitan seseorang dalam membaca dan menulis, akan tetapi tidak terbatas dalam perkembangan kemampuan standar yang lain seperti kecerdasan, kemampuan menganalisa dan juga daya sensorik pada indera perasa.

INTINYA, kalo membaca sekilas mengenai pengertian disleksia diatas, kalian (kawan2ku yang budiman) pasti berfikir bahwa mereka (yakni orang2 yang mengalami disleksia) tidak punya harapan untuk memahami apa-apa yang diajarkan oleh sebuah tempat yang diberi nama SEKOLAH.

Tetapi, taukah kalian wahai kawan2ku, banyak tokoh2 luar biasa yang ada di dunia ini JUSTRU adalah mereka yang diketahui mempunyai disfungsi dyslexia. Mereka, diantaranya adalah Albert Einstein, Tom Cruise, Orlando Bloom, Whoopi Goldberg, Vanessa Amorosi



Keren banget y sodara2. TERNYATA, keterbatasan bukanlah hambatan untuk maju dan berjuang. BAYANGKAN, EINSTEIN si manusia jenius itu ternyata mempunyai disleksia dan JUSTRU dia jugalah penemu teori relativitas yang teorinya masih dipake sampe sekarang dan PARAHNYA belom bisa gw pahami juga PADAHAL gw termasuk manusia normal yang tidak mempunyai disleksia.

dan satu lagi. orang yang tampangnya OK juga ternyata bisa kena disleksia dan JANGAN KHAWATIR karena orang yang punya disleksia tetep bisa punya tampang yang OK. BUKTINYA, Tom Cruise n Orlando Bloom tampangnya tetep OK walaupun mereka punya disleksia. (halah!!! muter2 doang ni gw)

Sebenernya, masih banyak kalimat yang ingin gw tuliskan, kata yang pengen gw ucapkan, ide yang ingin gw ungkapkan, dan perasaan yang ingin gw sampaikan. tapi apa daya, biaya warnet di Indonesia amatlah mahal (bahkan lebih mahal daripada di India). Jadi, gw akhiri dulu.

sekian dan terima kasih.

Kamis, 16 Oktober 2008

Laskar pelangi

Menindak lanjuti posting-an gw sebelumnya, gw mo menggabungkan antara Laskar Pelangi dan temen gw si 'I' (yg terobsesi sama India itutu...).

Di pagi hari (menjelang siang) yang cukup cerah, sambil nunggu dosen, gw, 'I', dan Mea (klo g salah), lg memperdebatkan siapa yg patut berada di depan komputer dan menjadi 'pilot' dalam menentukan apa yg akan dibuka di komputer. INTINYA, kita2 akhirnya nyetel lagunya NIDJI yang jd OST Laskar Pelangi, judul lagunya juga Laskar Pelangi.

dan akhirnya, ketika lagu itu sampai pada lirik yang bunyinya:

'Menarilah dan terus tertawa.............'

Temen gw itu, si 'I' dengan kencangnya, dan dengan teganya kepada Giring dan nidji nyeplos:

'Hah? Menarilah dan terus tertawa? ORANG GILA DONG!!!!'

GW : 'HUWAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH'


Nb : kepada Giring, Nidji, dan seluruh pihak terkait dengan lagu Laskar Pelangi. maafkanlah kawanku ini. Perlu saya beritahukan juga klo saya dan 'I' pernah magang di RSJ Surakarta. jadi, harap maklum

Senin, 13 Oktober 2008

Obsesi India

Gw punya seorang teman, sebut saja ‘I S I Y A’ (he,,he,,dia g keberatan klo namanya ditulis), tp untuk mempermudah kita sebut saja ‘I’, dy adalah salah seorang temen gw yg, menurut gw, unik, berbeda, jenius (perlu diingat klo menurut beberapa filsuf dan ahli kejiwaan, jenius itu dekat dengan insanity), dan rada aneh tentunya.


Misalnya, kalo lo2 pada ditanyai Negara mana yang paling pengen lo kunjungin, pasti lo2 pada bakal menyebutkan negara2 yang menurut lo maju/terkenal/keren/memiliki nilai histories/budaya yang tinggi, misalnya, Jepang, Korea, Jerman, Amerika, Venesia, italy, Swiss, Austria, dan negara2 yang sebagian besar berada di Eropa dan Amerika lainnya (ini hasil survey gw terhadap beberapa temen) yang membuat kita terlihat keren klo ditanya pertanyaan kayak gitu.


Tapi, si ‘I’ ini, sungguh sangat berbeda. Dengan sangat mengejutkan, ketika gw bertanya, ‘Negara mana yang paling pengen lo kunjungi?’, dy menjawab: ‘INDIA’. Ya, anda semua tidak salah dengar, dy bener2 menyebut: INDIA! (bukannya India g keren, tapi jawabannya sungguh diluar dugaan aja gitu!).


Secara diplomatis dan cukup membuat miris (karena gw tidak bisa mengerti apa yg dy katakan), dy bilang: aku pengen ke Agra, ngliat Taj Mahal. Trus pengen liat tari katak (bukannya tinggal ke sawah aja y buat ngliat katak menari dan melompat?), dy jg pengen nyobain pake kain sari, pake gungru (apakah itu??), pake’ payal, kajal, cudhiyan, trus pengen makan thandur (thandur bukannya menanam padi y??), dll yang membuat gw ternga-nga. OH My God, anak sekecil itu apal nama2 kota dan segala sesuatu yang berbau2 India, sungguh mengejutkan!!!


Tidak cukup hanya disitu saja, pas gw lagi berlari2an dgn ceria dan nyamperin temen gw yang lain (namanya Rika), dy lg bilang ke si ‘I’ klo ndownloadnya blm selesai, trus gw tergoda untuk bertanya, ‘emang lg ndownload apaan?’, kata Rika: ‘Tau tu si ‘I’, dy lagi ndownload iklan India gitu…’, gw : hah????.


Bahkan tidak hanya itu saja sodara2, di ruang Himapsi, ada computer yang bisa dipake ngenet, dan ketika gw berpikiran untuk menggunakannya, ada si ‘I’, dan ketika gw berusaha untuk mengusirnya, dy bilang dy lg g bisa diganggu, dan taukah karena apa sodara2?, karena dy sedang mendownload Video Clip India, yang judulnya (gw lupa deh!!!). OH MY GOD!!!!!


Dan klo kalian berfikir cukup sampe disitu saja, maka kalian semua salah. Pas gw masih magang (dan gw satu kelompok sama si ‘I’), dy minta tolong buat nyecan virus2 yg beternak di flashdisknya. Pas udah gw scan, gw liat ada folder menarik yang namanya ‘SUNGAI’, gw pikir isinya gambar2 sungai, ternyata isinya lagu yang semua judulnya berbahasa Inggris. Wah, gw sempet salut gitu sama tuh anak, seleranya lagu bhs Inggris bo’, Cuma, judul lagunya tu kayaknya asing semua gitu, jd gw berfikir klo itutu lagu2 jadul or nostalgia. Gw stel salah satu lagu yg judulnya ‘sometimes sad, sometimes happy’ dan kalian tahu sodara2? Ternyata itu adalah lagu India yg judul aslinya ‘kabhi kushi kabhi gham’…..Gw ngakak, kecewa, menggeleng2kan kepala, dan bengong seketika. Hua,,ha,,ha,, karena penasaran dgn lagu yg lain, gw stel semua lagu di folder ‘SUNGAI’ dan ternyata, semuanya lagu India. SUBHANALLAH ni anak!!!


Karena penasaran, gw nanya ke tu anak: Eh I, kenapa c lo terobsesi banget sama India???. Jawabannya sungguh sederhana : ‘karena banyak yg g suka sama India’. Gw : ??????????. Jawaban yg sangat sederhana. Padahal gw mati2an menemukan alasan kenapa gw pengen bgt ke Jerman ato ke Jepang, dan dy, hanya karena ‘banyak yg g suka India’.


Bukannya meremehkan atau menganggap remeh India, Cuma g tau kenapa, gw emang g terlalu suka sama hal2 berbau India gitu. Gak tau deh kenapa…


Hm,,, emang begitulah yg namanya kesukaan, kegandrungan, obsesi, cinta, dan kegilaan terhadap sesuatu. Kita tidak memerlukan alasan yang menggunung, yang bagus, yang keren, yang logis, dan yang disampaikan secara diplomatis. Klo udah suka, udah cinta, udah tergila2, ya udah, gitu aja, g harus ada alasan khusus, yang penting kita menyukai sesuatu dan kita berusaha mengejar apa yang kita sukai itu. Karena kesukaan itu seringkali tidak bisa dideskripsikan, dy ada, tapi kadang tak nyata, bisa dirasakan, tapi tak bisa diungkapkan, bisa…..(nah lho, koq jd ngelantur???)


Dan akhirnya, gw berusaha menerima kenyataan pahit bahwa salah seorang temen gw, begitu terobsesi dan cinta dengan India. Semoga suatu hari nanti, gw/dy menyadari sesuatu. Untuk gw: semoga gw menyadari bahwa India itu g seburuk yg gw pikirkan. Dan untuk dy: semoga dy tidak mendownload video2 or lagu2 India lg di computer HIMAPSI (he,,he,,)


Dan ternyata, do’a pertama yg duluan terkabul: gw baru sadar klo ternyata lagu2 India tu ok ok juga… ha,,ha,,ha,, easy listening gitu lagunya. Bahkan gw sedang berusaha meng-up to date diri gw dengan hal2 berbau India biar klo ngobrol sama si ‘I’ bisa nyambung (he,,he,,). HIDUP INDIA!!!!


Jadi, siapakah yg sekarang terobsesi sama India????


Special Edition (Cuplikan dialog gw n si ‘I’) :

Gw : eh ‘I’, film India apa yang paling lo sukai??

I : Film yang judulnya ‘yaadein’, coba aja lo nonton.

Gw : eh I, lagu India apa yang lo sukain???

I : Banyak, mboh liyane lali.

Gw : Eh ‘I’, actor n actress India siapa yang paling lo sukai??

I : Jackie Shraf, Bebo, Tutu.

Gw : OH MY GOD!!!!GAK ADA SATU HALPUN YG GW TAU!!!

Selasa, 07 Oktober 2008

Demam Laskar Pelangi (termasuk gw juga kena,,,)

Hu,,hu,,
sebenernya gw pengen masukin sebuh cerita yg judulnya 'OBSESI INDIA', tp gw lupa nyimpen tu cerita di flashdisk, jd tu cerita masih setia nongkrong di hardisk notebook gw..... jadi, gw ganti aja y,,,,berhubung banyak yg suka laskar pelangi, jadi kepikiran buat nulis sesuatu tentang laskar pelangi nih....

wahai kawan2ku, sudahkah kalian melihat laskar pelangi? sekedar informasi aja, GW UDAH (dengan bangga). Dimana2 lagi demam laskar pelangi ni kayaknya (dan emang iya.). dimulai dari bukunya dari 1-3 yg emang udah best seller, dilanjutkan dengan pembuatan filmnya yg juga udah ditunggu2, sampe buku keempat dari tetraloginya yg sering bgt ditanyain orang klo k toko buku. tau g c?? temen gw udah 3 kali ngantri di bioskop tp tetep gak kebagian tiketnya juga!!!

lalu, apakah yg membuatnya begitu digandrungi??? Klo filmnya c, jelas, karena novelnya juga udah best seller duluan, jd filmnya juga udah ditunggu2. Lagian, orang Indonesia tu kayaknya suka ikut2an gitu deh, jadi yg belom baca bukunya pun, begitu denger ada film itu n kata orang bagus, pasti langsung ditonton.

Klo novelnya kenapa y??? padahal novel pertamanya tuh (menurut gw) deskriptif banget, gw ampe bosen bacanya, jd bacanya gw longkap2. Klo yang kedua (sang pemimpi), OK banget!, ini yg paling gw senengin. Klo yang ketiga, gw udah lupa (yg gw inget cuma akhirnya Ikal ma Arai bisa k Sorbonne, kliling Eropa ampe Afrika, n akhirnya si Ikal bisa nyampe Edensor).

Mungkin, karena novel ini bisa memberi harapan kali y??? Klo ada yg pernah nonton kick Andy, banyak orang yg terpengaruh oleh novel itu n akhirnya bisa menemukan jalan hidupnya, bisa terus berusaha menggapai mimpi, tidak ragu memiliki cita, pokokya memotivasi banget deh!!!

(sebenernya masih banyak yg pengen gw tulis, tp gw keburu males duluan gara2 masih kesel cerita 'obsesi india' gw lupa gw masukin di flasdisk). ya udahlah!!!

BTW, OST. Laskar pelangi yang dinyanyiin sama Sherina bagus deh. Awal2 c, gw ngrasa klo liriknya 'nggak banget', tp lama2 ok juga. Judul lagunya 'Ku bahagia'.

Ku Bahagia -SHERINA- (OST. Laskar Pelangi)

Kita bermain-main
siang-siang hari senin
tertawa satu sama lain
semua bahagia, semua bahagia

kita berangan-angan
merangkai masa depan
dibawah kerindangan dahan
semua bahagia, semua bahagia

matahari............
seakan tersenyum

walau makan susah
walau hidup susah
walau tuk senyum pun susah
rasa syukur ini karena bersamamu
juga susah dilupakan

kita berlari2
bersama mengejar mimpi
tak ada kata tuk berhenti
semua bahagia, semua bahagia

matahari............
seakan tersenyum

walau makan susah
walau hidup susah
walau tuk senyum pun susah
rasa syukur ini karena bersamamu
juga susah dilupakan
oh ku bahagia,,,,,oh ku bahagia,,,,

yah begitulah,,,,,,,,(maksudnya????)

masih bete!!!!!!!!!!!!!

Senin, 06 Oktober 2008

Maapin aye y,,,,

Jikalah DERITA akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti dijalani dengan SEPEDIH RASA, sedang KETEGARAN akan lebih indah dikenang nantinya.

Jikalah KESEDIHAN akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa tidak DINIKMATI saja, sedang RATAP TANGIS tak akan mengubah apa-apa.

Jikalah LUKA DAN KECEWA akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti dibiarkan MERACUNI jiwa, sedang KETABAHAN DAN KESABARAN adalah lebih utama.

Jikalah KEBENCIAN DAN KEMARAHAN akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti DIUMBAR sepuas jiwa, sedang MENAHAN DIRI adalah lebih berpahala.

Jikalah KESALAHAN akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti TENGGELAM di dalamnya, sedang TAUBAT itu lebih utama.

Jikalah HARTA akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti ingin DIKUKUHI sendiri, sedang KEDERMAWANAN justru akan melipatgandakannya.

Jikalah KEPANDAIAN akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti MEMBUSUNG dada dan membuat KERUSAKAN di dunia, sedang dengannya manusia diminta MEMIMPIN dunia agar sejahtera.

Jikalah CINTA akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti ingin MEMILIKI dan selalu BERSAMA, sedang MEMBERI akan lebih banyak menuai arti.

Jikalah BAHAGIA akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti DIRASAKAN sendiri, sedang BERBAGI akan membuatnya lebih bermakna.

Jikalah HIDUP akan menjadi masa lalu pada akhirnya, maka mengapa mesti diisi dengan KESIA-SIAAN belaka, sedang begitu banyak KEBAIKAN bisa dicipta.

Mohon Maaf lahir dan batin, semoga ibadah kita di bulan ramadhan mendaptkan ridho dari Allah SWT

Senin, 22 September 2008

Gomenasai

Gw lupa gimana ceritanya, yang pasti, pas gw lagi browsing buat nyari jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, gw nemuin lagu yang judulnya gomenasai tapi dinyanyiin sama TATU. Nah lho, gw heran, kok bisa ya??? Setau gw, gomenasai tu basa Jepang, n tatu tu grup asal Rusia. Rada aneh aja klo ada orang Rusia nyanyiin lagu basa Jepang, apalagi selama ini TATU hampir selalu nyanyiin lagu2 berbahasa Inggris. Karena penasaran, gw setel tu lagu, ternyata, sebagian besar liriknya make' basa inggris, cuma Reff-nya aja yang menggunakan kata 'gomenasai'

Anyway, lagunya lumayan juga (menurut gw lho y,,,), apalagi liriknya, gw banget githu. gw sempet mikir: 'gile bo', ni lagu bisa mengungkapkan sesuatu yang selama ini g bisa gw ungkapkan dengan kata2'. hmmm, gw jadi pengen bilang 'gomenasai' ke salah seorang sohib gw

Gomenasai-TATU

what i thought wasn't mine, in the light
wasn't one of a kind, a precious pearl
when i wanted to cry i culdn't
cause i wasn't allowed

gomenasai for everything
gomenasai i know i let you down
gomenasai till the end
i never needed a friend
like i do now

what i thought wasn't all, so inocent
was a delicate doll a porcelain
when i wanted to call you
and ask you for help
i stop my self

what i thought was a dream an mirage
was as real as it seemed a privilage
when i wanted to tell you
i made my mistakes
i walk away

hm,,,gw banget!!!gw banget!!!

btw, gw jadi inget sama guru Biologi gw, dy bilang, 3 negara yang cewek2nya paling cantik di dunia tu Rusia, Venezuela, sama Israel. So, klo lo2 pada mo nyari cewek yang cantik secara mukanya doang, cari aja di 3 negara itu.



Sabtu, 26 Juli 2008

MAGANG RSJ,,,(he,,he,,)

gw magang di RSJ SOLO....

hari pertama magang, gw n temen2 langsung ngikutin kegiatan terapi musik. dan tanpa basa-basi n pandang bulu, gw n temen gw disuruh maju k panggung buat nyanyi. Lagu yg dinyanyiin di terapi musik g sembarang lagu, yakni lagu DANGDUT (yap, dangdut). jadi, gw diminta maju buat nyanyi lagu dangdut di depan para pasien RSJ, anak2 co-ass, mahasiswa magang dari Okupasi terapi n keperawatan, n tentunya para pengelola RSJ. gak tanggung2, gw nyanyiin lagu JABLAY (alias Jarang dibelay).

Pas gw dah selesai nyanyiin tu lagu n gw turun k panggung, dengan sangat mengejutkan ada pasien yang bilang 'I LOVE YOU'. SHOCK gw!!!!!

gw cerita ke adk gw masalah hari pertama magang ini (lewat sms tentunya). begini isinya:

gw : eh ji, masak hari pertama magang udah ada pasien yg bilang 'i love you' k gw.

adek gw : Trus, lo trima g ketulusan cintanya???

gw : xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

TUA!!!

he,,he,, umur gw sekarang udah 20 tahun lho,,,, dan di penghujung usia 19, gw justru mengalami kejadian yg mengagumkan.


Ceritanya, disuatu pagi yang sunyi, tepatnya tanggal 22 juli, gw mencoba untuk mengurangi kadar lemak di tubuh gw. So, gw lari pagi di sekitar kampus UNS. Gak ada ujan g ada gledek, siangnya dengkul gw pegel2-nyeri-linu gitu,,,, karena udah lama g olahraga, gw mikir klo pegel2-nyeri-linu di dengkul tu hal yang biasa.


Besoknya, tepatnya tanggal 23, gw g magang gara2 dengkul gw tambah nyeri dan semakin nyeri. Mbak kos gw yang merupakan seorang bidan mengira klo gw kena asam urat (gw: HAH??? 20 tahun aja belom masak udah kena asam urat????). Mbak kos gw yg dah co-ass malah lebih parah, dy bilang 'dek, jangan2 kena cikungunya???', gw : HAHHHHHH??????


Malemnya, gw ke dokter. Intinya, dengkul gw g kena asam urat n cikungunya (thanX GOD!!!). Sampe kos, gw makan bubur ayam, minum obat, n tidur2qan sambil nonton TV.gw juga ngingetin k adk gw klo besok gw ULTAH. begini kira2 komentar adk gw:


Kata adek gw : Ha,,ha,,ha,, tambah TUA dong lo mbak!!!

kata gw : xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Kata adek gw : Mending lo nikmatin aja detik2 terakhir masa remaja lo mbak!!!

kata gw : maunya c gitu ji, tapi kondisi perdengkulan gw sedang tidak memungkinkan.


So, detik2 terakhir masa remaja gw, gw habiskan dengan meratapi nasib dengkul gw, nonton sinetron, n di ledekin ma adek gw.

Senin, 14 Juli 2008

Nyari Kos2an??? hm,,,

Barusan gw nganterin temen sekolahnya adek gw (yang ketrima di Agrobisnis UNS) buat ngliat2 kampus pertanian sama Auditorium UNS.

Sebelumnya, dy sempet nyari kos2an gitu, tapi belon nemu2 juga. Wajar c, menurut gw, nyari kos tu g bisa sejam-duajam, soalnya kos2an bakal jadi tempat tinggal lo, tempat buat belajar, buat tidur, buat ngalukin segala aktivitas deh.

So, lo harus super selektif pas nyari kos2an. Makanya, sebagai anak kos yang udah 3 kali pindah kos selama kurun waktu 3 tahun, sebagai anak yang terdampar di negeri orang, sebagai mahasiswa yang peduli terhadap kondisi bangsa dan Negara, gw punya inisiatif yang tinggi buat memberikan tips nyari kos2an. So, buat lo2 yang lagi nyari kos, perhatikan hal2 berikut ini:

  1. Cari kos2an yang deket sama kampus lo, terutama deket sama fakultas lo, apalagi klo lo g bawa kendaraan sendiri. Jangan kaya’ adek kos gw, dy ditrima di FK UNS (yang posisinya ada di bagian belakang kampus) tapi nyari kosnya di depan UNS. Walhasil, dy harus berangkat jam stengah5 pagi cuma buat Pretest, padahal pretest-nya tu Cuma stengah jam. BAYANGKAN!!!!pagi2 buta, belom ada orang kecuali satpam, yang ada cuma lampu2 temaram yang menerangi kegelapan malam (halah!!!) dy harus jalan kaki melintasi UNS. Hiiii,,,,,,,,,,,,,,,
  2. Cari kos2an yang banyak temen2/kakak2 tingkat yang seFakultas/seJurusan sama lo. Sumpah!!! itutu menolong banget. Selain lo bakal dikasih info2 n gosip2 menarik tentang fakultas/jurusan lo, lo juga bakal dikasih soal2 ujian taun lalu, dikasih tau karakter dosen2 di fakultas lo, Trus, klo lo berniat bolos, lo bisa nitip tanda tangan sama temen kos lo. Apalagi klo lo sekos sama kakak tingkat lo yg jadi panitia OSPEK, selamet dunia akherat dah!!! G bakalan diapa2in pas OSPEK!
  3. Perhatikan kondisi fisik kos yang mo lo tempatin, mulai dari fasilitas kamar (lemari, meja, kasur, kulkas, ac, tv, kamar mandi), sirkulasi udara di kamar yang bakal lo tempatin, ventilasi udara, pencahayaan., luas kamar, ampe cat kos2an lo. Jangan sampe, kaya’ kos gw yg sekarang, cat-nya tu udah pudar2 gitu ampe timbul gossip klo kos gw tu banyak hantunya, padahal hantunya gw.
  4. Cari kos2an yang kondusif buat belajar. Jangan nyari kos di pinggir jalan raya yang terlalu rame, nanti malah bikin g konsen belajar.
  5. Perhatikan kondisi kebersihan, system persampahan, n pastikan kos lo bebas dari endemi2 penyakit n nyamuk2 nakal. Gw malu bilangnya tapi ya udahlah: JANGAN SAMPE KAYA’ KOS GW, masa’ dikos gw ampe ada 2 orang yg kena DBD. Jadi, lo kudu perhatiin juga kondisi kebersihan lingkungan kos lo, g cuma kamar lo.
  6. Cari kos2an yg deket sama fasilitas2 umum. Yang deket sama warung makan, warnet, rental,n minimarket. Dulu gw pernah ngekos di tempat yang jauh dari peradaban. Kagak ada warnet, rental komputer Cuma ada satu, itupun banyak virusnya, mo nyari makan susah, ribed dah pokoknya.
  7. Cari kos yg isinya mbak2/mas2 yg se-agama sama lo. Jadi klo bulan puasa tiba, lo bisa minta dibangunin sahur n bisa sahur bareng. Trus klo waktu shalat udah tiba, lo diingetin buat shalat n lo bisa shalat jama’ahan.
  8. Cari kos yg mbak2/mas2nya asyik tp g neko2. Gw pernah ngrasain kos2an yg isinya mbak2 yg sukanya shopping&jalan2, walhasil duit gw sering abis buat nemenin blanja n jalan2, asyik sih, tapi g asyik buat dompet.
  9. Yang pasti, cari kos2an yang murah. Harga n Waktu pembayaran kos tu beda2. Ada yang tahunan, semesteran, triwulanan, bulanan, ampe harian (ok, yang satu ini namanya hotel). Jangan lupa lo pastiin harga yg ditawarkan sama yang punya kos tu udah termasuk listrik sama air apa belom.

KOS itu IBARAT rumah kedua lo. Keluarga lo tu ya temen2 kos lo. Jadi, cari kos yang nyaman, yang setiap kali lo punya masalah di kampus/di luar, lo punya tempat buat pulang, buat nangis, buat ketawa, buat menumpahkan berbagai hal yg lo alami deh!!!

Itu dia beberapa tips nyari kos2an..................pesen gw: jangan sampe salah nyari kos2an, ntar lo ndiri yg rugi

Senin, 30 Juni 2008

Dunia Memang Aneh

Fiuh.....
Akhirnya, ujian selesai. entah kenapa, ujian jadi momok tersendiri buat gw. Soalnya, orang tua gw taunya gw di Solo buat Kuliah (baca:dateng ke kelas, gak pernah bolos, dengerin dosen, ngerjain tugas, ujian bisa ngerjain, IP bagus), dan tentunya hasilnya cuma diliat lewat IP doang. (ok, gw lagi g mau ngomongin masalah kuliah, jadi qt ganti topik)
Senin, 30juni2008 pukul10.00 gw pergi ke perpustakaan pusat UNS, mo mbalikin buku Effect Mozart sama Psikologi Anak Luar Biasa. Udah nyaris 3 minggu tu buku nongkrong di kamar gw. Bukannya males mbalikin ato apa, tapi emang tu buku gw pake buat ngerjain tugas n tugasnya baru selesai hari sabtu kemaren, makanya tu buku juga baru gw balikin. BTW, Ada hal menarik pas gw mbalikin tu buku.
Pas gw lagi ngeluarin buku dari tas, ada seorang bapak2: berkumis, make topi, bawa binder, sambil senyum n menyapa petugas perpus yang jaga (petugas pengembalian buku). Sambil nungguin ibu petugas ngitung2 denda buku gw, si ibu nggerundel2 'bout tu bapak2. Muncullah dialog yang dramatis antara gw dan ibu2 petugas pengembalian buku perpus. Isinya kurang lebih:
Si Ibu : ‘Dasar orang gila! Ke perpus Cuma mberantakin buku doing!’
GW : ‘Bapak2 yang tadi itu Bu?’
Si Ibu : ‘Iya Mbak, yang tadi itu. Masak klo k perpus kerjaannya Cuma ngambilin buku setumpuk doang, Mending kalo dibaca, paling Cuma dibolak-balik sama di liat2 doang gambarnya! Nambahin Kerjaan Aja!’
GW : Cuma senyum2 doang karena bingung mo ngomong apa.
DRAMATIS kan????(sebenernya g begitu dramatis jg c...)
Pas udah selesai mbalikin tu buku n sedang gw menuju k parkiran, gw berfikir dalam hati:
Gile bo', si Tantowi Yahya mati-matian meyakinkan para pemirsa di TV bahwa yang namanya baca tuh peting banget, ampe dibilang klo males baca tu deket dgn kebodohan n kebodohan tu dekat dengan kemiskinan. Dan seinget gw, tempat buat membaca buku secara gratis tu y di perpustakaan. Tapi Giliran ada niat yang luar biasa tinggi dari masyarakat Indonesia untuk membaca buku, malah petugas perpustakaannya yang nggerundel n ngomel2 gitu. Ok lah klo emang dia gila (gila dalam artian sebenernya, mengalami gangguan kejiwaan) bukannya malah bagus y, jadi kita bisa bikin emansipasi orang gila. Jarang2 kan ada orang gila pergi ke perpus dan lagi, gw jadi salut sama tu bapak2 (kalo bener dy orang gila lho y), temen gw yang mahasiswa aja (dan normal tentunya) ada yang belom pernah ke perpus n bahkan ada yang g tau perpus itu dimana. Bayangkan sodara2!!!!!
Dunia (ato cuma Indonesia y???) memang aneh.
Giliran minat baca masyarakat menurun, pemerintah dan pihak penerbit, percetakan n toko buku nyuruh masyarakat agar gemar membaca. Giliran ada yang punya niat buat mbaca, malah ada oknum2 yang gak suka. Jadi, DUNIA emang ANEH.
nb. Denda buku yang harus gw bayar adalah 12.000 Rupiah. fiuh,,,,,,

Minggu, 04 Mei 2008

KELEBIHAN dan KEKURANGAN

masih tentang Kick Andy, namun kali ini bukan tentang si Andy tapi tentang Anton (salah satu vokalis Jamaica Kafe) yang mengalami kecacatan fisik (kedua tangannya berukuran kecil dan salah satu kakinya juga). Tapi, dengan kondisi kayak githu, tuh orang justru bilang kalo dia tuh merasa sangat sempurna (SUBHANALLAH). Dia sama sekali tidak merasa kekurangan, tidak merasa memiliki kelemahan, dan tentunya dia sangat bersyukur dengan pemberian Allah SWT.
OK, gw emang mo cerita tentang Anton, tapi bukan itu yang mo gw ceritain (sebenernya itu juga c) . Trus, Ada apa dengan Anton? (AADA?)

jadi ceritanya, si Anton pas diwawancara ma si Andy mengatakan sebuah kalimat yang (menurut gw) amatlah bijak. Sebenernya kalimat itutuh udah jadi rahasia umum (ato sebenernya emang bukan rahasia???) . waktu itu si Anton bilang : 'Seorang anak, baik itu normal maupun cacat (secara fisik), pada hakikatnya dan pastinya memiliki sebuah kelebihan'
oh,,,so, sweat

setelah si Anton bilang kalimat itu, gw langsung mikir:

'iya sih, TAPI..............'

'KAYAKNYA GW GAK PUNYA KELEBIHAN DEH......!!!!!! (kecuali kelebihan berat badan tentunya)

Jadi, KENAPA SEMUA ANAK DI DUNIA PUNYA KELEBIHAN, SEDANGKAN GW KAGA'!!!!!! (OK, minimal: 'KENAPA SAMPE SEKARANG GW GAK BISA MENEMUKAN KELEBIHAN GW???')

KENAPA?????

KENAPA?????

jadi, buat kalian semua yang kenal gw dan baca blog ini tentunya (klo ada yang baca, klo gak ada ya udah) . TOLONG kasih tau gw, APA KELEBIHAN GW...(selain berat badan tentunya)


nb : gw berusaha nyari gambarnya jamaika cafe tapi gak dapet2.

Jumat, 02 Mei 2008

K!ck Andy dan skripsi

GW SUKA NGLIAT K!CK ANDY
tapi kalo gw belom tidur (secara gw tuh hobby banget tidur sebelum jam 9 malem)

seperti tadi malem (malem jum'at tentu saja), gw abis ngliat sinetron Taiwan yang judulnya Sonria Pasta di kamar adek kos gw, n tiba2 saja gw ngerasa bosen dan timbul keinginan yang amat besar untuk nonton tv. trus gw masuk kamar n nyalain tv. trus gw neken nomer 6 (yaitu metro tv secara tidak sengaja). trus disana ada dua orang penyandang tuna netra yang sedang memainkan sebuah lagu (yang satu main keyboard sambil nyanyi, yang satu main Saxophone.

trus gw merinding seraya bergumam dalam hati (GILE nih orang dua, keren banget!!!), gw aja yang normal gak bisa, mereka yang seperti itu bisa memainkan alat musik dengan piawai.


trus seperti biasa si Andy melakukan wawancara (dengan ekspresi muka yang pas2an, ato lebih tepatnya : gak ekspresif sama sekali) kepada mereka berdua . trus setelah itu, pembahasan menjadi berbelit-belit, dan bahkan ditambah komentar2 singkat Dwiki Dharmawan. Trus iklan2 bermunculan. trus acara dibuka lagi dengan penampilan memukau dari jamaica cafe (boyband acapella Indonesia), yang kalo lo pernah ngliat mereka, maka lo2 pada bakal ngliat salah seorang personilnya bernama Anton adalah seorang penyandang cacat juga. trus muncul-lah seorang anak korea yang bernama Hee Ah Lee yang memainkan musik klasik dengan grand piano HANYA DENGAN 4 JARI (jadi tiap tangan cuma ada dua jari).

BAYANGKAn SODARA-SODARA!!!!!

Gw aja yang jari tangannya ada 10 gak bisa main piano SAMA SEKALI!!!! (ampe gw bedain warnanya).
Dan yang lebih ok, dy masih bisa bilang sebuah kata bijak : 'Banyak orang yang merasa tidak puas dan kecewa dengan masa lalu tapi seberapapun tidak puas dan kecewanya kita, kita harus terus berusaha untuk masa depan'. Oh,,,,,,,,,,So, SWEAT,,,,,


Trus apa hubungannya semua cerita itu dengan skripsi????
dari episode asa dalam nada-nya kick andy, gw jadi kepikiran bikin skripsi tentang psikologi musik. TAPI.............kemungkinan besar itutuh kualitatif n kata dosen gw tercinta (yang telah menakut2i anak didiknya): Kualitatif itu lama, ribed dan bla,,bla,,bla,,
jadi Inti dari semua cerita gw diatas adalah :




GW PENGEN BANGET BISA MAIN PIANO.


That's all. thank you.